Kamis, 23 Juni 2016

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang dari tahun ke tahun sejak indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada waktu itu masyarakat diperkenalkan pada persenjataan modern baik yang ringan maupun yang berat. Teknologi lain yang diperlihatkan dan digunakan oleh Belanda berupa kendaraan tempur dan alat-alat transportasi lainnya. Teknologi-teknologi tersebut berasal dari negara-negara di Eropa. Kemudian pemerintah kolonial Belanda menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan di sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan secara langsung kepada masyarakat di indonesia.
Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai melakukan pergerkan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang bangsa Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Contoh perkembangan teknologi
1.       Semakin majunya alat komunikasi seperti Handphone yang bisa berkomunikasi dengan orang di dalam negeri maupun luar negeri
2.        teknologi di bidang perbankan; Sebelum era globalisasi kirim-mengirim menjadi hal yang tabu bagi masyarakat, diakibatkan proses kirim-mengirim uang yang memakan waktu, yang diharuskan menggunakan jasa pengiriman atau kantor pos. Kini dengan adanya Uang Elektronik (ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dll) proses kirim-mengirim uang sangatlah mudah, manusia dimanjakan dengan adanya perkembangan teknologi ini.
3.        bidang pertanian; Dahulu, segala macam hal tentang pertanian semuanya dilakukan secara manual, dari membajak sawah yang meggunakan kerbau, menamam bibit, menyiram panen, mengolah hasil panen dan lain sebagainya. Kini dengan adanya kemajuan teknologi hal seperti membajak sawah dapat menggunakan mesin traktor, dengan adanya kemajuan teknologi ini petani diuntungkan dalam segi waktu, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar