Kamis, 23 Juni 2016

Budaya Daerah SITUBONDO

Budaya Daerah SITUBONDO


                Kabupaten Situbondo merupakan salah satu kabupaten di Jawa timur. Bahasa di Situbondo adalah Bahasa Madura karena  Situbondo berbatasan dengan Pulau Madura. Di  situbondo memiliki Pantai.
Kesenian di Situbondo:
1.       Tradisi ojung



Yaitu tradisi yang saling pukul badan dengan menggunakan sengjata rotan ini di mainkan dengan dua orang. Adanya tradisi ini bertujuan untuk menghindari bencana alam, dihindari carok sebab jika ojung tidak dilaksanakan akan terjadi carok setiap harinya. Carok itu berasal dari kata Tawuran.

2.       Petik Laut




Petik laut biasanya sering dilakukan oleh nelayan di wilayah Situbondo. Petik laut adalah pelarungan sesaji ke tengah laut sejaji itu dastukan dalam perahu kecil, didalam sesaji berisi kepala sapi dll. Sebelum di larung perahu itu melewati beberapa ritul baru di turunkan di tengah laut secara beramai ramai.
3.       Batik Situbondo


Batik stubondo adalah batik yang berasal dari Situbondo yang bermotifkan kerang karena di utara situbondo terdapat banyak pantai.







Makanan khas Situbondo :
1.       Tajin palapa


Makanan ini merupakan bubur yang disajikan dengan bumbu kacang . tajin palapa ini sama dengan bubur bubur lainnya, Cuma berbeda di bumbunya saja. Palapa yang berarti bumbu. Bubur ini dilengkapi dengan santan dan bumbunya seperti bumbu kacang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar